Pra TMMD Kodim 0309/Solok, Sasaran Pembangunan Fisik Fokus pada RTLH

Pra TMMD Kodim 0309/Solok, Sasaran Pembangunan Fisik Fokus pada RTLH

SOLOK -   Satgas Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 112 tahun anggaran 2021 Kodim 0309/Solok terus berjibaku melaksanakan pembangunan fisik yang bisa dilakukan di masa persiapan TMMD.

Menurut keterangan Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos.M.I.Pol, melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Kristian Napitupulu, Kamis (9/9), dimasa pra TMMD ini, pelaksanaan pembangunan lebih difokuskan pada rehabilitasi/renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Bahkan seminggu sebelum pembukaan secara kegiatan perwujudaan kemanunggalan TNI bersama rakyat itu, Rabu,   8 September 2021, untuk pembangunan renovasi RTLH rata-rata telah mencapai diatas 10 persen bahkan hampir 40 persen realisasi pembangunannya.

Sementara untuk sasaran jalan dan irigasi, tahap pembersihan lahan telah mulai dirampungkan. Adapun sasaran tersebar di dua Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yaitu Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai.

TMMD di Wilayah Kodim 0309/Solok yang rencananya dibuka secara resmi Rabu, 15 September mendatang memiliki 2 jenis sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik.

“Untuk sasaran fisik, tim Satgas sudah mulai melaksanakan terutama pada sasaran renovasi RTLH sebanyak 5 unit. 3 Rumah di Nagari Koto Sani yaitu Rumah Bapak Alidus yang sudah terealisasi pembangunannya  38 %, Rumah Ibu Murni 36 % dan rumah Ibu Lismawarni 18 %. Selain itu, 2 rumah di Tanjung Alai, yaitu rumah Bapak. Hendrianto dengan realisasi 35 % dan rumah Bapak Pardi 31 %, ” terang Pasi Ter Kapten Inf Kristian Napitupulu.

Sementara untuk peningkatan Jalan Aia Angek ke Ikua Danau Nagari Koto Sani dengan bentuk pekerjaan pengecoran sepanjang 252 meter, dikatakan Kapten Inf Kristian Napitupulu, baru dilakukan pembersihan dengan bobot kerja kurang lebih 5 persen.  Begitu pun dengan Pembukaan Jalan Usaha Tani di Nagari Tanjung Alai dengan panjang 1.127, 8 meter dan lebar 5 meter, sudah terealisasi 27 persen.

Lebih jauh dijelaskan Kristian Napitupulu, pada sasaran rehab Lapangan Sepak Bola Nagari Koto Sani sudah terealisasi  9 persen, namun untuk irigasi Banda Karang di Nagari yang sama, dengan panjang 136 meter, belum ada progresnya

Untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Kamtibmas, Narkoba, Stunting Posyandu/KB, Perikanan/Perternakan, LH/Kehutanan, Kegiatan PKK, Pelayanan Publik/Kependudukan, Bahaya Teroris/Paham radikal ( KI, KA&Rala ) serta terkait bencana kesehatan yang tengah mendera Bumi Pertiwi bahkan Dunia, yakni upaya pencegahan Covid-19, dilaksanakan pasca pembukaan TMMD secara resmi.

Di tempat yang sama, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo menyebutkan bahwa untuk mencapai seluruh sasaran terlaksana sesuai rencana dan harapan, Tim Satgas TMMD Kodim 0309/Solok menerjunkan personil sebanyak 25 orang yang diperkuat personil dari Korem 032/Wbr. Selain itu, sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat juga dibantu oleh masyarakat sekitar berjumlah kurang lebih 30 orang.

“Dengan kebersamaan ini, semoga semua tujuan dapat terwujud serta bisa memberi manfaat sebesar-besarnya bagi penunjang kesejahteraan masyarakat setempat dan Kabupaten Solok pada umumnya, ” ujar Letkol Arm Reno Triambodo.  (Rzky)

Sumbar Solok
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Pra-TMMD Kodim 0309/Solok, Seluruh Sasaran...

Next Article

TMMD Kodim 0309/Solok Ubah RTLH Milik Murni

Related Posts

Peringkat

Profle

Pardal Riyanto

KODIM 0827 SUMENEP

KODIM 0827 SUMENEP

Postingan Bulan ini: 42

Postingan Tahun ini: 370

Registered: Sep 23, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 1445

Registered: Jul 17, 2020

KODIM SURABAYA TIMUR

KODIM SURABAYA TIMUR

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 456

Registered: Oct 4, 2021

KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

Postingan Bulan ini: 22

Postingan Tahun ini: 149

Registered: Oct 11, 2021

Profle

Hariyono

Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung Ramah Tamah Dengan Forkopimda Labuhanbatu Dan Labusel
Babinsa Koramil Sarang Dampingi Penyerahan Bibit Ternak Kambing 
Situbondo Bakal Menjadi Pangkalan Khusus Kapal Selam TNI AL
Rindam IV/Diponegoro Berikan Pembinaan kepada Pemuda Pemudi

Follow Us

Recommended Posts

Koramil 01/PBU Goro Bersama Untuk Merawat Pohon Cemara Udang
Jalin Sinergitas, Personil Koramil 06/UG Gotong Royong Bangun Masjid
Bantu Usaha Warga, Koramil 01/Lubuk Sikaping Motivasi Pedagang Kacang
Binter Inovatif Babinsa Koramil 07/AB Bantu Warga Produksi Minyak Nilam
Latihan Fisik, Babinsa Koramil 07/AB Ciptakan Generasi Tangguh