Pembukaan Jalan Sasaran TMMD di Tanjung Alai Mudahkan Mobilitas Pertanian dan Buka Akses Wisata

Pembukaan Jalan Sasaran TMMD di Tanjung Alai Mudahkan Mobilitas Pertanian dan Buka Akses Wisata

SOLOK -   Dengan telah terbukanya akses jalan usaha tani yang bermuara di Goa Ngalau, Nagari Tnjugn Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok,   Sumatera Barat, melalui program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-112 Kodim 0309/Solok, memberi dampak domino bagi masyarakat.

Selain memudaahkan mobilitas pertanian dan perkebunan warga di area sepanjang jalan sehingga menekan anggaran biaya dan waktu juga memberi harapan untuk mengeksplor potensi-potensi yang ada.

Salah satunya akses menuju potensi wisata Goa Ngalau yang memiliki keunikan serta bentangan alam perbukitan yang memukau.

Menurut keterangan Erdawati yang merupakan warga setempat, meski dia belum pernah sampai ke tempat tersebut, karena memang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki, namun anak-anak saya telah sampai kesana dan menurut mereka memang terdapat Goa-Goa yang  ukurannya bervariasi bahkan bisa dimasuki oleh orang.

“Menurut cerita anak saya yang sudah pernah ke lokasi tersebut bahkan sempat masuk ke Goa tersebut, di dalamnya seperti ada kehidupan yang membatu. Ada batu seperti manusia, bayi dan juga ada meja dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Kata orang-orang tua dulu itu adalah kapal tersekat, tapi saya pun tidak tau pasti ceritanya, apalagi teempatnya di puncak bukit, ” terang Erdawati di sela-sela kegiatannya membersihkan ladang di sekitar kandang kambingnya di pinggir area jalan yang dibuka itu. 

Secara terpisah, Yurdam yang merupakan Wali Nagari setempat menilai azas manfaatnya sangat terasa sekali bagi warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani sawah dan kebun. Sebelumnya lokasi yang hanya berupa jalan setapak dalam waktu kurang lebih sebulan disulap oleh tangan-tangan prajurit TNI dibantu warga hingga bisa dilalui kendaraan bermotor. Dikatakannya, harapan masyarakat selama ini menjadi nyata melalui kegiatan TMMD itu.

“Terkait potensi wisata, warga memang tengah giat-giatnya mengeksplor segala potensi-potensi yang ada. Dengan pebangunan jalan ini, tak hanya memberi manfaat pada satu sektor melainkan banyak harapan-harapan yang bangkit demi kemajuan nagari. Salah satunya Goa Ngalau yang berada di penghujung jalan yang dibuka ini. Semoga dengan semangat warga yang ditopang oleh segala unsur dapat membawa perubahan yang signifikan dalam gerak laju pembangunan, kemajuan daerah yng hakekatnya demi kesejahteraan masyarakat, ” sebut Yurdam.  (Amel)

Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Hari Ke-26 Pelaksanaan TMMD, RTLH Milik...

Next Article

H25 TMMD, Sebahagian Besar Sasaran Fisik...

Related Posts

Peringkat

Profle

Pardal Riyanto

KODIM 0827 SUMENEP

KODIM 0827 SUMENEP

Postingan Bulan ini: 42

Postingan Tahun ini: 370

Registered: Sep 23, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 1445

Registered: Jul 17, 2020

KODIM SURABAYA TIMUR

KODIM SURABAYA TIMUR

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 456

Registered: Oct 4, 2021

KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

Postingan Bulan ini: 22

Postingan Tahun ini: 149

Registered: Oct 11, 2021

Profle

Hariyono

Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung Ramah Tamah Dengan Forkopimda Labuhanbatu Dan Labusel
Babinsa Koramil Sarang Dampingi Penyerahan Bibit Ternak Kambing 
Situbondo Bakal Menjadi Pangkalan Khusus Kapal Selam TNI AL
Rindam IV/Diponegoro Berikan Pembinaan kepada Pemuda Pemudi

Follow Us

Recommended Posts

Koramil 01/PBU Goro Bersama Untuk Merawat Pohon Cemara Udang
Jalin Sinergitas, Personil Koramil 06/UG Gotong Royong Bangun Masjid
Bantu Usaha Warga, Koramil 01/Lubuk Sikaping Motivasi Pedagang Kacang
Binter Inovatif Babinsa Koramil 07/AB Bantu Warga Produksi Minyak Nilam
Latihan Fisik, Babinsa Koramil 07/AB Ciptakan Generasi Tangguh